Rumah Pavlov

PAVLOV HOUSE

Rumah Pavlov menjadi nama sebuah gedung apartemen selama pertempuran stalingrad dari 27 september 1942 hingga 2 februari 1943. Nama ini menjadi populer dari Sersan Yakov Pavlov yang memimpin sebuah peleton untuk merebut dan mempertahankan gedung apartement tersebut selama pertempuran. Gedung tersebut merupakan bangunan 4 lantai dan terlentak di tengah kota stalingrad.


Pada September 1942, gedung tersebut diserang oleh tentara jerman, dan satu peleton dari divisi "Guard Rifle" ke-13 Soviet diperintahkan untuk merebut dan mempertahankan gedung tersebut. Peleton tersebut dipimpin oleh Sersan junior Yakov Pavlov, ia menjadi komandan peleton setelah Letnan dan Sersan Senior terluka atau terbunuh. Serangan terhadap gedung tersebut berhasil,meskipun pertempuran terjadi sangat brutal. Hanya 4 orang dari 30 orang yang selamat dalam peleton tersebut saat pertempuran.

Gedung tersebut sangat strategis memberikan garis pertahanan sepanjang 1 km dari utara,barat,selatan. Setelah beberapa hari bala bantuan dan logistik tiba, bala bantuan terdiri dari 25 pria yang dilengkapi dengan senapan mesin, senapan anti tank, mortar. Sesuai dengan perintah stalin Order No 227 "No One Step Back", Sersan Pavlov memerintahkan untuk membentengi dan mempertahankannya hingan peluru dan orang terakhir. Pavlov memerintahkan untuk membangun kawat berduri yang terdiri dari 4 lapis yang mengelilingi gedung, ladang ranjau, mendirikan pos senapan mesin di jendela - jendela yang menghadap ke alun alun. Pavlov juga memrintahkan untuk menempatkan senapan anti Tank PTRS-41 di atap gedung. karena kebanyakan tank tank jerman pada saat itu memiliki armor yang sangat tipis pada atas turret,sehingga jika tank jerman telah berada dalam jarak 25 m dari gedung maka akan disergap oleh anti tank yang berada diatap gedung, cara ini sangat efektif. Pavlov melaporkan telah menghancurkan lebih dari selusin tank jerman menggunakan taktik ini.

Untuk mengatasi masalah komunikasi, anak buah pavlov membuat sebuah parit komunikasi dan membawa peralatan komunikasi melalui parit atau perahu.

Tentara jerman menyerang secara teratur, Setiap kali infanteri atau tank mencoba melewati alun alun dan sudah dekat dari gedung tersebut mereka langsung dihujani oleh senpan mesin, senapan anti tank dari ruang bawah tanah, jendela, dan dari atap gedung sehingga memaksa para tentara jerman untuk mundur. Pertempuran ini terjadi dari tanggal 23 september 1945 hingga 25 november 1945, pertempuran ini berakhir ketika tentara uni soviet melakukan serangan balasan.

rumah pavlov menjadi simbol perlawanan keras dari tentara uni soviet dalam pertempuran stalingrad dan dalam perang patriotik raya. 

Komentar

Postingan Populer