Schofield tank







Schofield tank dinamai sesuai desainernya, merupakan tank ringan Selandia Baru pada Perang Dunia II. Dikembangkan pada tahun 1940 ketika kemungkinan jika perang pasifik sampai ke Selandia Baru dan Sedikit senjata yang dikirim dari inggris. Tank ini tidak masuk dalam kedinasan tentara selandia baru.



Desain Dan Pengembangan

Ketika kebutuhan kendaraan tempur lapis baja meningkat pada tahun 1940, EJSchofield, dealer kendaraan bermotor dari General Motors di Wellington mengirimkan desainnya ke pemerintah selandia baru.

Tank ini didasarkan pada chassis chevrolet 6 hundredweight truk yang menggunakan suspensi dari bren carrier. Awalnya dirancang untuk memiliki 3 orang kru (Komandan,Penembak,Pengemudi)

Desain awal sangat buruk saat pengujian namun pemerintah segera mencari versi perbaikan. Dalam versi perbaikan model ditingkatkan menggunakan transmisi yang lebih baik dan Turret yang dipersenjatai meriam QF 2 Pounder  dengan senjata pendukung Senapan mesin 7,92 mm BESA. Pada tahun 1942 Selandia Baru menerima tank dari Inggris dan Amerika. Pada tahun 1943 proyek ini dihentikan tetapi tank ini sementara disimpan, Pasca perang proyek ini dibatalkan.

Tipe : Tank Ringan
Asal : Selandia Baru

Berat : 5,21 ton
Panjang : 3,99 m
Lebar : 2,6 m
Tinggi : 2,02 m
Kru : 3 orang

Armor : 6 - 10 mm
Senjata Utama : QF 2 Pounder
Senjata Pendukung : Senapan Mesin 7,92 mm BESA
Daya Jelajah : 560 Km
Kecepatan : 45 - 72 Km / jam

Komentar

Postingan Populer