NKVD, Polisi Rahasia Soviet

NKVD


Dibentuk : 1934
Komisariat Rakyat untuk Urusan Dalam Negeri  (Narodnyy komissariat vnutrennikh del) disingkat NKVD) adalah badan penegak hukum yang pernah ada di Uni Soviet. Badan ini berada langsung di bawah naungan Partai Komunis Se-Uni Soviet (Bolshevik). NKVD seringkali disamakan dengan polisi rahasia yang sebenarnya merupakan salah satu bagian darinya dan dikenal luas melalui penindasan politik yang terjadi pada masa kepemimpinan Josef Stalin.

Anggota NKVD berasal dari satuan kepolisian Uni Soviet yang meliputi:
 -polisi lalu lintas
-petugas pemadam kebakaran
-penjaga perbatasan
-dan petugas arsip



       Badan ini juga dikenal karena keterlibatannya dalam sistem gulag dan GUGB. NKVD diberi tugas. Yaitu:
 -memindahkan etnis minoritas dan kulak secara massal ke daerah-daerah yang masih jarang penduduknya
-menjaga perbatasan
-melakukan spionase
-termasuk membunuh musuh politik di luar negeri
-mempengaruhi pemerintah negara lain
-memaksakan kebijakan Stalinis di berbagai gerakan komunis internasional.

   Namun NKVD juga berpengaruh besar untuk Russia. Hal itu karena NKVD juga ikut berperang melawan NAZI di setiap daerah perang NAZI dan Soviet. Dalam catatan terakhir, dikatakan bahwa NKVD ikut dalam perang besar seperti di:
-stalingrad (1942 - 1943)
-moskow (1941)
-berlin (1945)



W


Pembantaian narapidana NKVD.
 adalah serangkaian eksekusi massal dilakukan oleh NKVD Soviet terhadap para tahanan di Eropa Timur, terutama Polandia, Ukraina, negara-negara Baltik, Bessarabia dan bagian lain dari Uni Soviet di mana Tentara Merah mengundurkan diri setelah invasi Jerman pada tahun 1941. Perkiraan pada angka kematian bervariasi, dari hampir 9000 jiwa di semua Ukraina  100,000, sampai 100.000, dengan 10.000 di bagian barat Ukraina saja. Tidak semua tahanan dibunuh. Beberapa dari mereka ditinggalkan atau berhasil melarikan diri, karena bergerak mundur, algojo Soviet panik secara logistik tidak bisa membunuh mereka semua.





Komentar

Entri Populer